>

Mengusir Nyamuk Hanya Dengan Serai, Ketahui Caranya


Kegunaan serai atau sereh salah satunya yaitu bisa dipakai sebagai bumbu masak, wangi-wangian, bahan pencampur jamu, serta dapat juga di buat minyak atsiri. Diluar itu, serai ternyata dapat juga dipakai sebagai ramuan ampuh pengusir nyamuk.

Serai mengandung senyawa bersifat padat serta mempunyai bau yang khas. Minyak atsiri yang disebut diproduksi  dari serai, terbagi dalam beragam senyawa seperti sitral, sitronela, geraniol, mirsena, nerol, farsenol methil heptenon, serta dipentena.

Satu diantara senyawa yang bisa membunuh nyamuk yaitu sitronela. Sitronela mempunyai sifat racun (desiscant), menurut langkah kerjanya racun ini seperti racun kontak yang bisa memberi kematian lantaran kehilangan cairan dengan cara terus-menerus, hingga badan nyamuk kekurangan cairan.


Untuk mengusir nyamuk, daun serta batang serai sejumlah 1 kg, dicuci lantas ditiriskan hingga kering serta dihaluskan dengan jus. Hasil blenderan lalu dicampurkan ke air sejumlah 250 ml serta di rendam sepanjang 1 malam. Rendaman itu lantas disaring, akhirnya disimpan dalam botol serta diencerkan dengan aquadest.

Bahan berikut yang nanti dipakai dalam penyemprotan nyamuk dengan konsentrasi senyawa kimia yang cukup rendah serta alamiah, jadi aman karena tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi keluarga. Di samping tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar, bahan ini dapat di buat lewat cara yang simpel serta banyak cairan ini bisa disesuaikan dengan keperluan yang kita inginkan.

Ada cara yang lebih mudah lagi jika anda kerepotan untuk membuat ekstrak serai. Caranya anda cukup memotong tipis serai yang berwana putih, tempatkan pada mangkuk atau piting kecil. Tempatkan mangkuk atau piring kecil tersebut pada sudut ruangan kamar anda. Untuk ruangan yang kecil anda cukup meletakkan stu mangkuk saja. Sekiranya anda dapat mencium bau harum potongan serai tersebut. Mudah bukan cara melindungi keluarga dari nyanuk yang mengganggu dan membahayakan. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru